SELAMAT DATANG

Selamat Datang dan terimakasih telah mengunjungi blog " Catatan Debora "
Tuhan Yesus memberkati anda.

Selasa, 05 Oktober 2010

Melawan Kecenderungan Dosa

 
 

Sent to you by Debora via Google Reader:

 
 

via Catatan Facebook Sinar Viktori Gemilang by Sinar Viktori Gemilang on 10/2/10

Salah satu perjuangan orang percaya adalah melawan dosa. Banyak umat Tuhan, meskipun sudah bertahun-tahun mengikut Tuhan tetapi merasa tidak berdaya melawan kuasa dosa yang sebenarnya sudah dikalahkan melalui kuasa salib Yesus. Bagi Anda yang sedang bergumul melawan kecenderungan untuk berbuat dosa, berikut ini ada tiga langkah yang bisa diterapkan dalam kehidupan Anda.

 

 

1. Menyadari bahwa dosa itu ada dan berkuasa.

Untuk dapat menang atas dosa, kita tidak bisa menyangkali adanya dosa serta pengaruhnya dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, mengetahui kecenderungan dosa Anda merupakan hal yang tepat. Dosa mempunyai kecenderungan aktif, misalnya keinginan daging atau hawa nafsu, keinginan mata, dan keangkuhan hidup. Ada juga kecenderungan dosa pasif misalnya tidak mau peduli, tidak percaya diri, dan suka menyiksa diri. Dengan mengetahui kecenderungan dosa membuat Anda dapat bersikap waspada dalam menghadapinya.

 

2. Melatih langkah-langkah dan kebiasaan-kebiasaan perbaikan. 

Setelah Anda menyadari keberadaan dosa dan pengaruhnya, serta mengenal kecenderungan dosa Anda, maka langkahlangkah perbaikan yang berlawanan perlu diterapkan. Jika Anda memiliki kecenderungan mudah iri hati misalnya, maka Anda bisa mulai membiasakan diri dengan ikut serta menikmati keberhasilan orang lain.

 

3. Melakukan pengecekan secara berkala.

Sepanjang kehidupan Anda, Iblis masih akan terus berupaya untuk menggoda serta melancarkan tipu muslihatnya sehingga Anda mengalami kejatuhan dalam dosa. Karena itu pengecekan secara berkala sangatlah diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan yang Anda hasilkan. Momen-momen seperti ulang tahun atau retreat secara pribadi adalah saat-saat yang paling baik untuk mengetahui kemajuan Anda dalam perjuangan melawan dosa. Jangan pernah merasa sudah menang dan tidak akan jatuh dalam dosa lagi. "Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!" (1 Korintus 10:12).

 

 

YESUS KRISTUS mengasihi Anda..  

 

 

 

 

 

 

(Sumber: Renungan Malam, Mei 2009)



 
 

Things you can do from here: