SELAMAT DATANG

Selamat Datang dan terimakasih telah mengunjungi blog " Catatan Debora "
Tuhan Yesus memberkati anda.

Jumat, 24 September 2010

Berubah dan Berbuah

 
 

Sent to you by Debora via Google Reader:

 
 

via Catatan Facebook Sinar Viktori Gemilang by Sinar Viktori Gemilang on 9/23/10

Bacaan Firman TUHAN: Lukas 5:33-39

 

Di antara kita ada yang baptis dewasa dan yang lain baptis bayi, bahkan ada yang baptis darurat, saat akan meninggal dunia. Samuanya sah bila dilakukan sebagaimana mestinya. Bila baptis bayi, orang tua bertanggung jawab atas pendidikan iman anaknya itu. Wali baptis juga berperan mengingatkan orang tuanya bila anak itu tidak mendapatkan pendidikan Kristiani. Sedangkan yang baptis dewasa, ini yang kiranya tidak mudah untuk "mengubah" dan membalikkan pandangan hidupnya.

 

 

 

Tergantung bagaimana hidup sebelum baptis serta kesungguhannya untuk memeluk Yesus: bagaimana Yesus sekarang menjadi pegangan hidupnya. Lain pula bila ia menjadi Kristen melulu karena calonnya kristen. Semuanya dipengaruhi oleh motivasi di belakang keinginan dibaptis secara kristiani. Seandainya dia sudah dibaptis, namun masih membawa kebiasaan dan cara hidup yang lama, apalagi "kepercayaan" lama, tentu tidak akan cocok.

 

Yesus bersabda kepada kita, "Tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itupun hancur. (ayat 37). Bila demiian, iman yang baru ini bila diberi pakaian yang lama, tentu tidak akan cocok. Yang memakai akan rusak, bingung, dan tidak merasakan rahmat keselamatan. Orang bisa dibingungkan dengan dua paham yang ada di dalam dirinya: lama dan baru. Yang lama akan merusak yang baru, yang baru tidak cocok menempel pada yang lama.

 

Pertobatan sungguh menuntut sikap yang radikal (radix = akar), sampai ke akar-akarnya. Sehingga bila mau berubah dan berbuah sungguh, akar-akar pun harus dibersihkan, agar tanaman dapat tumbuh secara baru dan dengan kekuatan (akar) yang baru pula.

 

 

YESUS KRISTUS mengasihi Anda..

 

 

 

 

 

(Sumber: J. Krismanto Pr)



 
 

Things you can do from here: