SELAMAT DATANG

Selamat Datang dan terimakasih telah mengunjungi blog " Catatan Debora "
Tuhan Yesus memberkati anda.

Selasa, 21 September 2010

Hati Yang Dibaharui

 
 

Sent to you by Debora via Google Reader:

 
 

via Catatan Facebook Sinar Viktori Gemilang by Sinar Viktori Gemilang on 9/21/10

"Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya." (Yehezkiel 36:25-27)

 

 

Kekristenan adalah agama yang memusatkan imannya serta aktifitasnya di dalam hati. Kesucian dari kekristenan bukan pada fisiknya tetapi kesucian hati. Segala yang kita kita buat untuk Tuhan dan dilakukan dengan sepenuh hati, sangat dihargai Tuhan. Sekecil apapun yang kita buat kalau dilakukan dengan segenap hati, bagi Tuhan itu sangat berharga. Dan sebesar apapun yang kita berikan untuk Tuhan, kalau tidak dengan segenap hati, itu sia-sia.

 

Kekristenan berawal dari hati yaitu pertobatan. Pertobatan adalah perubahan yang terjadi di hati. Pertobatan adalah pintu masuk menuju keselamatan. Kisah 2:37-38. Tidak ada pertobatan berarti tidak ada keselamatan. Pertobatan berarti hati yang berubah atau hati yang mau diubah. Tetapi kalau kita sendiri tidak mau berubah, maka pintu pengampunan yang sedemikian besar dari Tuhan tidak bisa menjangkau kita. Pintu gerbang kekristenan adalah pertobatan. Ketika kita mau berubah maka dimulailah satu fase kehidupan yang baru di dalam Kristus. Pertobatan adalah hati yang berubah sedangkan kelahiran baru adalah hati yang dibaharui. Tetapi hati kita tidak akan pernah dibaharui kalau kita tidak melalui perubahan hati. Hati yang dibaharui adalah hati yang mudah dibentuk, mudah menerima karakter-karakter baru. Sebaliknya hati yang keras adalah hati yang miskin karakter, sukar menerima karakter baru. Setiap nasehat-nasehat dari Firman Tuhan selalu ditolak. 

 

Kisah Para Rasul 10:21-22.

Kornelius adalah seorang perwira Romawi. Biasanya seorang perwira itu memiliki sifat yang arogan. Tetapi Alkitab mencatat bahwa Kornelius mempunyai tiga karakter yang luar biasa : tulus hati, takut akan Allah dan terkenal baik. Karakter ini tidak tumbuh dalam sekejap. Karakter yang dimiliki Kornelius tumbuh melalui proses yang panjang, yang terus menerus dalam persekutuan dengan Tuhan. Ini menandakan bahwa Kornelius memiliki hati yang lembut, hati yang mudah dibentuk. Kornelius juga seorang yang terkenal baik. Kebaikan gereja Tuhan juga harus diketahui orang lain. Gereja Tuhan harus menjadi berkat bagi lingkungan. Walaupun terkadang kebaikan kita disalah artikan orang lain, dihina orang lain maupun ditolak orang lain tetapi kebaikan itu harus ditunjukkan. Kebaikan yang keluar dari hati yang diubah akan melampaui segala tantangan. Sebab kebaikan yang dilakukan oleh umat Tuhan bukanlah kebaikan yang dibuat-buat, tetapi kebaikan yang memiliki tanggung jawab langsung kepada Tuhan. Apapun yang terjadi kita harus mendemonstrasikan kebaikan. Dan semua itu bukan hanya bersifat moralis, tetapi itu semua keluar dari hati yang diubah dan hati yang dibaharui. Puji Tuhan.

 

 

YESUS KRISTUS mengasihi Anda..

 

 

 

 

 

 

(Sumber: Pdt. Sammy Palit)



 
 

Things you can do from here: